Buat Apa Sekolah ?

Hasil gambar untuk smp muhammadiyah tempuran


Sebelumnya saya ingin bertanya kepada segenap pembaca tentang tiga hal :
1.       Manakah yang lebih utama, belajar atau bersekolah ?
2.       Manakah yang harus dikuasai, matematika atau seni budaya ?
3.       Manakah yang lebih kita butuhkan, pengetahuan atau nilai ?

Saya berharap kalian semua adalah manusia – manusia beruntung yang telah atau sempat menikmati bangku sekolah, tetapi saya berharap anda juga adalah manusia – manusia luar biasa yang menikmati belajar di sekolah. Karena saya masih percaya bahwa sekolah adalah tempat belajar, tetapi perlu diperhatikan belajar tidak tertutup hanya pada materi – materi sekolah. Ingat, ada peran untuk meningkatkan jiwa sosial, kepemimpinan, dan lan sebagainya. Jangan jadikan salah satu mata pelajaran menjadi tolak ukur keberhasilan atau kegagalan seseorang yang bersekolah.

Lingkungan sekitar kita lebih sering bersorak dan menepuk tangani mereka yang hebat dalam matematika dan IPA. Mereka yang sering naik ke atas panggung karena pencapaian nilai berhitung mereka diatas rata - rata. Mereka lupa bahwa ada anak yang hebat dalam seni yang mungkin saja nantinya merekalah para pencipta lagu galau yang nantinya akan selalu kau dengar menemani sepi malammu, pengarang buku yang selalu kau baca tetapi kau lupa bahwa si penulis adalah dia yang kau anggap tidak pantas naik panggung karena tidak bisa matematika dan IPA.
Tidak, di jaman yang sekarang ini sudah mulai berubah, apresiasi terhadap bakat dan minat terus diperhatikan. Aku belum tentu sama dengan dia, aku belum tentu sama dengan mereka.

Khusus bagi kalian yang ingin mendapatkan peringkat atas di setiap semesternya, mendapatkan nilai terbaik di setiap mata pelajaran, tidak masalah kok. Saya kasih tipsnya, yaitu : ketika ujian silahkan bawa contekan, kalau masih dirasa kurang cari “referensi” dari pekerjaan teman. Udah segitu saja, semoga anda paham.  

Semoga hubungan antara belajar dan bersekolah masih baik dan selalu baik. Semoga langgeng, karena saya tidak ingin belajar dan bersekolah mempunyai pemisah, belajar suapaya cerdas, eehh sekolahnya dikomersilkan.

Sekian dulu, maaf jika pemaparan saya tidak menjawab apapun. Terutama tiga pertanyaan di atas.

Selamat Belajar, dan Selamat Berpikir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard